Widget HTML #1

Cara Memilih Skincare yang Tepat untuk Pemula. Baca Ini Dulu Sebelum Beli Ya!

Saat ini ada banyak ragam jenis skincare yang beredar di pasaran baik yang dijual secara online maupun offline. Hal ini buat bingung kita sebagai pemakai saat memilih mana yang cocok untuk kulit wajah terutama bagi pemula atau yang masih awam dalam dunia skincare-an

Sekadar informasi makeup dengan skincare itu beda ya. Untuk makeup bisa baca : Produk Makeup Untuk Pemula dan Urutan Pakainya!

Pada dasarnya skincare adalah rangkaian perawatan wajah yang mengandung zat aktif tertentu yang bisa berefek pada kulit wajah sesuai dengan harapan. Kulit bersih, cerah, glowing, lembab, mulus dan lainnya. Bentuknya macam-macam sesuai kandungannya seperti cream, serum dan sebagainya.

Oleh sebab itu, saat memilih produk skincare perlu selektif. Gunakan sesuai dengan kebutuhan kulit masing-masing karena setiap orang kondisi dan masalah kulit pasti berbeda. 

cara memilih skincare tepat dan aman
Foto : canva.com

Jadi apakah perlu memakai skincare? Jawabnya, relatif! 

4 hal wajib kamu tahu sebelum memutuskan beli skincare untuk kulit wajah

Setidaknya ada beberapa yang perlu dipertimbangkan saat hendak membeli skincare yang akan digunakan untuk wajah. Sebagai berikut ini!

1. Kenali jenis kulit kamu

Umumnya ada 4 jenis kulit yaitu : 

  • Kulit berminyak
  • Kulit kering dan sensitif
  • Kulit normal
  • Kulit kombinasi (biasanya jenis kulit ini di area T berminyak tapi di pipi cenderung kering).
Setelah mengetahui tipe kulit kamu, sekarang bisa memilih produk skincare apa yang akan  dibeli.

2. Pilih produk skincare yang tepat

Tujuannya agar produk yang dibeli sesuai kebutuhan kulit sehingga terhindar dari timbulnya masalah-masalah kulit yang tidak diinginkan. Misalnya. Seorang yang berkulit kering menggunakan pembersih wajah untuk kulit berminyak akibatnya kulitnya akan semakin kering dan sensitif karena produk tersebut memang ditujukan untuk mengurangi kandungan minyak yang ada di kulit.

Memilih produk skincare yang cocok dengan jenis kulit, saat ini tidak susah karena banyaknya produk skincare yang ada dari berbagai brand misalnya skincare whitelab yang menyediakan beberapa varian atau rekomendasi skincare lainnya di ceklist.id 

3. Periksa kandungan bahan produk 

Skin care yang bagus tidak mengandung zat logam atau bahan tertentu yang tidak aman bagi kulit biasanya produk skincare ini over claim atau menjanjikan efek instan. Jika ragu atau telah telanjur menggunakannya, sebaiknya segera hentikan dan tidak menngunakannya dalam jangka waktu lama. Tujuannya agar zat-zat tersebut tidak menumpuk di permukaan kulit sehingga menyebabkan flek dan susah dihilangkan

Biasanya kandungan zat yang terdapat dalam suatu produk skincare terdapat pada bagian luar kemasan, kenali efek dari zat tersebut bagi kulit, apakah baik atau berdampak buruk. Sekaligus kadar atau takaran, sebab penggunaan zat tertentu meskipun fungsinya bagus tapi jika berlebihan justru bisa merusak kulit.

4. Pastikan sudah ada izin BPOM RI

Untuk menghindari keraguan atas skincare tersebut, pastikan produk sudah terdaftar di BPOM dan memiliki sertifikat pendukung lainnya seperti label halal MUI, sertifikat tidak diujicoba pada hewan dan teruji bebas mercury dan hidroquinone.

Baca disini untuk penjelasan cara mengecek produk telah terdaftar di BPOM serta ciri dan bahaya kosmetik yang mengandung mercury ya. Selain itu, cek juga keaslian produk karena saat ini juga banyak dijual skincare palsu dengan kemiripan yang hampir sama dengan skincare asli. Jadi wajib waspada ya, jangan tergiur pada klaimnya yang bombastis dengan harga murah meriah.

Itulah beberapa tips memilih skincare aman dan tepat buat wajah. Siapapun entah itu remaja, wanita, pria dan ibu rumah tangga bisa punya kulit sehat dan bersih asalkan cerdas dalam memilih produk yang berkualitas dan bermanfaat.




4 komentar untuk "Cara Memilih Skincare yang Tepat untuk Pemula. Baca Ini Dulu Sebelum Beli Ya!"

Comment Author Avatar
sejak dulu gak begitu peduli dengan dunia perskinkeran, istri yang menjadi konsumen sejak dulu waktu masih ada natasha, erha hingga banyak jenis skinker saat ini.

tapi skinker sekarang sudah masuk menjadi trend untuk lelaki, huft...
Comment Author Avatar
Setuju kak. Harus kenali jenis kulit dulu. Dan tau kandungannya. Apalagi buat ibu hamil dan menyusui, biasanya ada bahan skincare yang gak boleh dipake karena nanti berpengaruh dengan kandungan.
Secara kasat mata memang yang paling utama dimiliki adalah BPOM. Kalo gak terdaftar lebih baik gak usah dipake atau dibeli ya kan kak..
Comment Author Avatar
Makasih buat sarannya, kk.
Awak kayaknya jenis kulit kombinasi. Tapi, ntah juga lah.



Btw, gimana cek produknya asli atau nggak?
Comment Author Avatar
Itulah kadang kita memilih skincare asal aja. Awak tengok cocok sama kawan awak, awak coba. Pas awak tengok bisa bikin artis idola makin glowing, awak coba juga. Akibatnya wajah awak bukan makin glowing tapi golap ya kan. Makasih sarannya mak

Silahkan komentar dengan bijak dan sesuai topik bahasan. Terimakasih!