Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Aplikasi Belajar Online Gratis QuBisa, Belajar Gak Ribet Skill Pun Meningkat!

Aplikasi Belajar Online Gratis QuBisa. Kalau ditanya penting gak sih memiliki sebuah pekerjaan itu? Pasti jawabannya sama, sangat penting banget. Selain tujuan utamanya untuk menafkahi diri dan orang terdekat, pekerjaan juga bisa menjadi prestise bagi seseorang apalagi kalau bekerja pada bidang yang disukainya. Hal itu pasti membawa kebanggaan tersendiri dan kepuasan.

kursus online gratis
Foto : Dok. Pribadi

Sayangnya, dunia kerja atau karir saat ini sangat berbeda jauh masa dulu dan sekarang. Beberapa tahun lalu, pekerjaan belum spesifik dan beragam. Pekerjaan yang jadi favorit seperti PNS, dokter, pilot dan beberapa karir lainnya. Tingkat peluang kerja juga tidak serumit sekarang ini.

Bayangkan, dunia kerja masa kini, selain harus bersaing dengan para pencari kerja lainnya, beberapa pekerjaan tidak lagi dilakukan menggunakan tenaga manusia tapi telah digantikan oleh robot dan teknologi lainnya. Sungguh hal yang memberatkan bagi para pekerja terutama milenial saat mencari pekerjaan.

Harus diakui, kemajuan teknologi dan internet sangat berdampak bagi dunia kerja. Kecepatan informasi mengharuskan kita berlomba untuk mendapatkan peluang pekerjaan terbaru kalau memungkinkan sesuai passion

Muncul banyak pekerjaan baru yang spesifik dan butuh keahlian khusus seperti game designer. Mengandalkan ijazah dan pengetahuan yang didapat selama sekolah atau kuliah tidaklah cukup untuk memperoleh pekerjaan. Sorry to say, seperti diucapkan beberapa pakar yang berpengalaman bahwa ilmu yang didapat di kampus atau sekolah tidak mempersiapkan seseorang menjadi terampil saat bekerja. Perlu keahlian spesifik sesuai tuntutan karir. Ya, memang begitulah fakta yang terjadi di lapangan, terbukti dengan banyaknya lulusan sekolah dan sarjana yang masih menganggur ataupun kalau bekerja tidak sesuai jurusan yang diambil saat sekolah/kuliah.

Lalu menghadapi tantangan tersebut, apa yang harus dilakukan? Adakah solusinya?

Tentu saja, harus memiliki keahlian sesuai kriteria yang butuhkan dan kalaupun sudah punya keahlian sebelumnya masih perlu upskilling dan reskilling atau meningkatkan kemampuan diri sehingga tetap bisa beradaptasi dengan kondisi dunia kerja saat ini.

Manfaat Meningkatkan Keahlian Tertentu

Seperti diungkapkan sebelumnya, dengan beragamnya pekerjaan dituntut juga keahlian khusus. Adapun beberapa alasannya kenapa perlu meningkatkan kemampuan diri, sebagai berikut :

1. Peluang mendapatkatkan pekerjaan lebih besar.

Andai kamu pimpinan di suatu perusahaan, jika ada 2 orang yang datang melamar bekerja, kamu tentu akan memilih satu orang yang memiliki skill yang lebih dari yang lain sesuai dengan bidang kerja yang dibutuhkan. Ya, dengan memiliki kemampuan atau skill dibanding yang lain akan memperbesar daya saingmu untuk mendapatkan pekerjaan yang tersebut.

2. Lebih percaya diri dan kepuasan

Dengan skill yang kamu miliki itu, secara tidak langsung menambah tingkat rasa percaya diri karena ada perasaan mampu dan layak dalam melaksanakan pekerjaan yang ditarget.

3. Penghasilan yang lebih besar dan jenjang karir yang bagus

Seseorang akan diapresiasi apabila bisa berkontribusi lebih pada saat melakukan tugas-tugas yang diberikan, bisa melalui bonus, gaji lebih tinggi atau peluang naik jabatan.

Kalau begitu dimana tempat yang bagus untuk meningkatkan skill?

Sesuai prinsip ekonomi, dimana ada kebutuhan di situ ada pasar. Maka untuk mengatasi tantangan tersebut, akhir-akhir ini muncul berbagai platform edukasi yang menawarkan pelatihan untuk mendapatkan keahlian tertentu. Baik secara offline maupun online. Menariknya, situasi pandemi dan juga perkembangan internet di Indonesia , tempat kursus online gratis tumbuh dan berkembang seperti jamur dimusim hujan contohnya QuBisa.

Aplikasi belajar online
Foto : Instagram @qubisa

Apa Itu Aplikasi QuBisa?

QuBisa adalah aplikasi belajar online atau kursus online dalam bentuk video yang diajarkan oleh instruktur yang ahli dibidangnya. Aplikasi ini ditujukan kepada pelajar dan mahasiswa serta umum yang ingin meningkatkan skill yang diminatinya. Cara belajar efektif karena durasi waktunya tidak terlalu panjang namun ilmu yang disampaikan lengkap.

Apa saja yang bisa dipelajari di Aplikasi QuBisa? 

  1. Kursus
  2. Microlearning
  3. Webinar
  4. Artikel
  5. Sertifikasi
Topik yang dibahas juga beraneka ragam dibagai dalam 2 kategori yaitu :
  • KSM - Keterampilan Sukses Milenial membahas seputar pengembangan diri
  • KDM - Keterampilan Digital Milienal agar bisa ahli di bidang digital
Mulai dari ketrampilan seperti tutorial cara editing video, jaringan komputer, analisis data, dan cara mengembangkan diri semisal tips menemukan potensi diri, cara meningkatkan personal branding dan masih banyak lainnya. Semua ini bisa digunakan secara gratis dan sebagian berbayar.

Kemudian yang menarik di QuBisa, setelah melakukan aktivitas baik itu di website maupun di aplikasi  mendapatkan reward berupa Poinqu yang bisa ditukar dengan saldo Gopay jika sudah memenuhi syarat.

Aplikasi siap kerja
Dok. Pribadi

Pengalaman Belajar Online di Aplikasi QuBisa

Sebagai seorang blogger, membuat artikel berupa tulisan adalah hal yang wajib. Sayangnya tidak selalu ada ide saat menulis dan sering mengalami writer block. Kalau situasi seperti itu terjadi, efeknya bisa berminggu-minggu tidak publish artikel di blog.

Untungnya ketemu satu kursus online gratis menarik di QuBisa yakni Meningkatkan Kemampuan Problem Solving dengan Konsep 3K oleh Dr. Abdul Latief. Konten kursus ini terdiri dari 2 pelajaran dengan durasi 15 menit. 

Penjelasan yang disampaikan saya suka karena dijelaskan dengan sederhana sehingga mudah dipahami dan diaplikasikan dan yang terpenting poin utama disampaikan dengan jelas.

Misalnya bagaimana menerapkan prinsip 3K dalam penulisan :

Tema : tentang sakit saat musim hujan.

Konteks : latarbelakang/kondisi yg mengantarkan kita ke pokok bahasan yg kita bahas, pemahaman thp hal situasi/kondisi misalnya hal apa saja yang terjadi saat musim hujan, kira-kira dampaknya apa bagi kita.

Konten : kita paparkan Apa saja yg sering terjadi pada kesehatan kita, lalu apa yg sebenarnya menyebabkan kita mudah sakit, apa yang harus dilakukan.

Kesimpulan : value apa yang bisa kita simpulkan dari konten tersebut yaitu pentingnya persiapan untuk menjaga kesehatan saat memasuki musim hujan.

Setelah dapat gambaran jelas, sekarang kita sudah siap membuat satu artikel tentang cara menjaga kesehatan saat musim hujan.

Setelah selesai belajar kursus ini, saya juga akan melanjutkan ke kursus cara meningkatkan personal branding, topik yang lagi populer guna membranding diri di media sosial.

Gunakan dan Unduh Aplikasi Siap Kerja QuBisa 

Berdasarkan pengalaman saya dapatkan selama menggunakan QuBisa, Aplikasi ini sangat bagus dijadikan alternatif tempat belajar online setidaknya ada beberapa alaasan :
  • Desain sederhana, mudah menemukan kategorinya jadi belajar gak ribet sangat cocok bagi yang awam sekalipun
  • Loading aplikasi cepat sehingga mudah diakses
  • Materinya terstruktur dan bervariasi
  • Memiliki kelas gratis dengan topik yang terkini, jadi siapapun bisa belajar
  • Tersedia sertifikat sabagai bahan portofolio
Bisa dikatakan QuBisa merupkan aplikasi siap kerja yang bisa diandalkan baik untuk upskilling dan reskilling saat ini.

Untuk mendownload aplikasi ini bisa langsung melalui smartphone android di Play Store dan IOs di App Store.

Pakai QuBisa pilihan cara belajar efektif. Belajar gak ribet, belajar apa saja, dimana saja, serta kapan saja.

Saat ini juga QuBisa sedang mengadakan lomba kompetisi dengan total hasiah 10 juta Rupiah, artikel ini juga diikutkan pada lomba blog tersebut. 






26 komentar untuk "Aplikasi Belajar Online Gratis QuBisa, Belajar Gak Ribet Skill Pun Meningkat!"

  1. Saya juga merasa mulai kesulitan dalam menemani belajar anak-anak di rumah. Kayaknya saya perlu aplikasi Qubisa ini biar dapat masukkan biar bisa ngajarin anak-anak. Makasih kakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba wajib ya kita tingkatkan skill biar bisa imbangi anak-anak yg semakin pintar dan kritis seperti sekarang ini

      Hapus
  2. Adanya pembelajaran online gini tuh emang penting banget sih. Udah dipermudah banget buat belajar berbagai skill yang saat ini banyak dibutuhkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget tinggal kemauan aja yg perlu ditingkatkan semua serba at sekarang

      Hapus
  3. Nyari kerja saat ini semakin sulit, apalagi kalo skill pas-pasan. Saya juga ngerasain susahnya cari kerja, meski udah ada orang dalam. Pengen banget sih upgrade skill, biar berkembang dikit keahliannya. Sehingga mampu bersaing dengan orang lain.

    Pas banget sekarang telah hadir aplikasi QuBisa. Belajar upgrade skill jadi semakin mudah ya Mba. Kursus bisa dilakukan secara online pula dan gratis.

    Terima kasih ulasannya Mba Yanti Ani.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya tanpa skill gak ada apa-apa ya dan gak boleh ngeluh hihihi

      Hapus
  4. Materi pembelajarannya di qubisa ada macam macam kak? Mentornya yg kasih ilmu udah dari qubisanya ya? Jadi kita beneran tgl download apps nya aja trus open dan mulai belajar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, sebagian ada yg berbayar tapi yg gratis pun ilmunya dah mantap banget

      Hapus
  5. Yeayyyyy... Dapet sertifikat.
    Bisa dimasukin ke portofplio nih buat ngeyakinin klient.

    Thanks anyway infonya ya kak. Siap meluncur ke Qubisa deh

    BalasHapus
  6. Gratisnya ini luar biasa... Skrg kan semua seba bayar, apalagi terkait skill. QuBida best nih buat para pencari kerja atau karyawan yg mau upgrade skill

    BalasHapus
  7. materinya lebih kayak filsafat gitu ya tentang value.. mantab ni apalagi dilanjut bisa jadi satu artikel buat ngebahas itu

    BalasHapus
  8. Memasuki dunia kerja memang harus dipersiapkan. Melalui aplikasi Qubisa semua jadi dimudahkan dan lebih percaya diri memasuki dunia kerja

    BalasHapus
  9. Bener banget, aplikasi itu designnya sederhana dan loadingnya cepet. Jadi kita yang baru pertama kali pakai aplikasi ini, gak bakalan bingung mau nyari materi yang akan dipelajari.

    BalasHapus
  10. Materi yang dipilih bagus kak.
    Soalnya untuk memecahkan tiap permasalahan kudu dengan teknik yang cerdas. Boleh nih kursus problem solving ya buat diikuti

    BalasHapus
  11. Banyak ya pilihan kursus dan webinar di aplikasi Qubisa ini. Pas banget buat mereka yang mau mengembangkan diri

    BalasHapus
  12. Aplikasi QuBisa materinya lengkap ya mbak, aq kemaren sempat ikut kursus gratisnya dan tiap materi videonya juga terdiri dari beberapa seri jadi lebih mudah untuk memahami juga.

    BalasHapus
  13. Iya deh, kalau skill bertambah dan semakin sering ditingkatkan, tentunya jadi makin percaya diri menghadapi tantangan dalam karir ya Mba. Asiknya, sekarang makin mudah untuk cari kelas untuk meningkatkan skill, karena semua bisa dilakukan dengan QuBisa.

    BalasHapus
  14. senangnya bisa Hidup di dunia digital seperti ini ya mbak
    mau belajar pun makin mudah, karena bisa ikutan kursus online gratis di Qubisa ini

    BalasHapus
  15. Aku ikut beberapa course juga dari QuBisa, dan masih ada antrean kelas yang mau ikutin sampai akhir tahun. ..alhamdulillah mencari ilmu sekarang dimudahkan dari mana saja.

    BalasHapus
  16. Kemampuan problem solving memang penting sih. Memasuki dunia kerja memang penuh dengan masalah-masalah yang nggak terduga. Karena itu butuh penyelesaian masalah yang cepat dan tepat.

    BalasHapus
  17. Kesempatan belajar untuk kursus secara online beneran jadi solusi untuk meningkatkan kemampuan diri.
    Soft skill sekarang emang perlu banget sih

    BalasHapus
  18. Kemampuan problem solving terutama untuk masalah yang masih langka pemecahannya, adalah kompetensi yg kudu dikuasai yaa di abad 21 ini, ikut kursusnya di Qubisa bisa jadi salah satu cara kita mendapatkan skill ini ya

    BalasHapus
  19. Salah satu aplikasi belajar online yang wajib banget buat nambah skill nih. Apalagi sekarang kita harus punya skill yang lebih dibandingkan yang orang lain agar mampu bersaing di dunia kerja.

    BalasHapus
  20. Asyiìik ada lombanya. Kayaknya mau ikutan lombanya deh . Tengkyu mbakk

    BalasHapus
  21. Belajar itu gak mengenal usia. Mau ibu rumah tanggapun, yang kerja sampingan dari rumah, biar otak gak butek gitu-gitu aja, bisa menambah skill dengan kursus online di Qubisa. Pas saya baca-baca di sana juga ada kursus buat blogger dan content writer ya.

    BalasHapus
  22. Wah keren yach aplikasi qubisa. Memberikan kelas online. Supaya menambah pengetahuan kita. Sekarang memang jaman yang susah cari kerjaan. Tidak seperti dulu. Apalagi kalau tidak punya skill. Susah adaptasi dalam sebuah kerjaan.

    BalasHapus