Widget HTML #1

5 Alasan Kenapa Memilih SMK yang Perlu Diketahui!

Biasanya anak dan orang tua dihadapkan pada satu keputusan penting saat anak akan dan setelah lulus SMP, mau lanjut SMU atau SMK? Karena ini menyangkut masa depannya maka pilihan terbaik perlu dibuat. Keputusan ini perlu dipertimbangkan dengan sebaik-baiknya jangan sampai sekolah setelah SMP karena ikut-ikutan orang lain atau prinsip yang penting sekolah mau pilih mana terserah. Karena masa depan bukan permainan bukan? Kalau salah bisa diulang dari awal. Ingat umur, waktu dan kesempatan datangnya cuma sekali.

Oleh sebab itu orang tua dan anak perlu diskusi, bicara dari hati ke hati. Beberapa hal yang perlu dibicarakan antara lain : 

  • Apa cita-cita anak ke depan? 
  • Dia mau jadi apa? 
  • Hobinya bagaimana? 
  • Jurusan apa yang akan dipilih?
  • Apa kelebihan dan kekurangan dari pilihan tersebut? 
  • Apakah dia yakin dengan pilihan sekolah yang dia pilih? 
  • Menentukan target jangka pendek dan target jangka panjang?
  • Bagaimana dengan biaya yang dibutuhkan? Dan hal-hal terkait lainnya.
Adanya obrolan ini diawal, membantu orang tua dan anak memiliki gambaran tentang masa depan anak dan hal-hal yang perlu dipersiapakan masing-masing. Misalnya, Papa dan Mama bertanggungjawab atas biaya yang diperlukan sedangkan Putra/i harus serius bersekolah, mengerjakan tugas sekolah secara mandiri tanpa diingatin atau disuruh orang tua. Pelatihan ini akan membantu anak menjadi seorang yang bertanggungjawab.

alasan memilih smk
Foto : dok. Pribadi

Oleh sebab itu, sebaiknya hindari memaksakan kehendak pada anak kalaupun memberi masukan itu hanya sebagai pertimbangan semata buat dia, karena yang menjalani nantinya dia, bukan? Disisi lain, anak juga perlu mendengar saran dari ayah ibu karena mereka sudah berpengalaman dan bertimbang rasa pada mereka terutama penyediakan biaya sekolah, kemampuan orang tua berbeda-beda jangan sekali-kali bandingkan dengan orang lain yang lebih cukup. Kalau tidak beresiko terjadi drama China tema keluarga when we were young yang menggemaskan itu. Hihihihi.

Kalau misalnya keadaan saat ini agak sulit bisa mencari solusi lain misalnya, Apakah ada informasi beasiswa? Atau Apakah untuk setahun ini ditunda dahulu untuk menabung? Bukankah lebih baik setahun terlambat daripada ditengah jalan tersendat-senadat  atau malah berhenti? Sementara itu sambil membantu orang tua menabung bisa belajar satu keterampilan. Dimasa era informasi dan teknologi yang pesat saat ini ijazah bukan satu-satunya utama tapi portofolio jelas jadi prioritas saat mencari dan melamar kerja. Ingat, fokus pada kemampuan diri bukan orang lain!

Apa Itu SMK?

SMK adalah singkatan dari Sekolah Menengah Kejuruan. SMK merupakan pendidikan formal  setingkat SMU (Sekolah Menengah Umum) dan MA (Madrasah Aliyah). Karena tujuan utama SMK untuk mendapatkan skill agar siap masuk lapangan pekerjaan. Oleh sebab itu, di SMK metode pengajaran 60% praktek dan 40% beda jauh dengan SMA yang hampir 90% teori dan 10% teori dari porsi materi yang diajarkan. Waktu yang ditempuh sama dengan SMU yaitu 3 tahun dan kadang ada yang 4 tahun karena PKL (praktek kerja lapangan) selama 1 tahun.

Di SMK ada banyak jurusan bisa dipilih sehingga menungkinkan si anak punya kebebasan menentukan jurusan sesuai minat dan bakatnya masing-masing. 

20 jurusan di SMK favorit berikut ini bisa kamu pertimbangkan untuk sekolah lanjutanmu :
  1. Jurusan Desain Grafis / Multimedia
  2. Jurusan Akuntansi
  3. Jurusan Administrasi Perkantoran
  4. Jurusan Farmasi
  5. Jurusan Keperawatan
  6. Jurusan Kimia Analisis
  7. Jurusan Teknik Logistik
  8. Jurusan Bisnis dan Pemasaran
  9. Jurusan Pelayaran
  10. Jurusan Perhotelan
  11. Jurusan Usaha Perjalanan Wisata
  12. Jurusan Perbankan dan Keuangan Syariah
  13. Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak
  14. Jurusan Tata Boga
  15. Jurusan Tata Busana
  16. Jurusan Tata Rias dan Kecantikan
  17. Jurusan Teknik Gambar Bangunan
  18. Jurusan Teknik Komputer Jaringan
  19. Jurusan Teknik Kendaraan Ringan
  20. Jurusan Teknik Elektronika Industri
Ternyata banyak sekali bukan? Pilihlah salah satu dari mereka yang menurut paling kamu suka, sesuai kemampuan dan peluang prospek ke depan lebih baik.

Alasan Memilih SMK

Setelah punya bayangan tentang SMK maka kuatkan niat agar semakin mantap dengan keputusan tersebut. Biar tambah yakin berikut ini saya uraikan setidaknya 5 alasan mengapa memilih smk sebagai sekolah lanjutan anak. Simak ya!

1. Pengembangan potensi keahlian

Hal pertama kelebihan SMK dibanding yang sekolah setingkat lain adalah banyak diajarkan teori dan langsung praktek lapangan sesuai dengan jurusan. Hal ini pasti meningkatkan skill lebih spesifik. Pada hal, pekerjaan dengan kerampilan khusus peluang kerjanya lebih banyak.

Misalnya jurusan Farmasi akan banyak belajar terkait farmasi seperti obat-obatan dan menjelang akhir sekolah akan ada PKL yaitu pelatihan kerja lapangan di instasi-instasi terkait sehingga siswa memperoleh gambaran yang lebih lengkap mengenai dunia kerja sekalian mengaplikasikan teori dan praktek yang telah dipelajari di bangku sekolah.
Ingat, fokus pada kemampuan diri bukan orang lain!

2. Bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi

Masih ada anggapan bahwa masuk SMK, pendidikan yang ditempuh akan mentok sampai disitu, dan akhirnya bekerja. Beberapa anak yang ingin melanjutkan sekolah atau jenjang kuliah merasa ini bukan pilihan padahal sebenarnya lulusan SMK juga bisa melanjutkan ke perguruan tinggi, akademik, polisi dan TNI lho!

Nilai plus-nya adalah bisa kuliah sambil bekerja. Jadi lebih mandiri, percaya diri dan membantu meringankan beban orang tua.

3. Menghasilkan lulusan dengan karakter baik

Karena sudah terbiasa praktek di lapangan, maka secara tidak langsung karakter akan terbentuk. Bisa menghargai orang lain, bekerja dalam tim, rasa tanggung jawab, sabar, bekerja keras, punya target dan tujuan hidup, peduli dan membahagiakan orang tua, mandiri dan sifat-sifat bagus lainnya.

4. Mudah mendapatkan pekerjaan

Saat ini tingkat persaingan kerja sangat tinggi. hampir setiap ada lowongan kerja akan diserbu oleh pencari kerja baik fresh graduate maupun bukan. Masalahnya ada ketimpangan antara pekerjaan dengan pelamar kerja yang sangat jauh. Dengan keahlian yang dimiliki sesuai dengan kriteria perusahaan, kesempatan untuk bersaing lebih terbuka dan disukai pemberi kerja daripada yang tidak punya life skill.

Apalagi jika tamatan SMK tersebut melanjutkan ke perguruan tinggi sesuai dengan jurusannya, contoh seorang SMK jurusan farmasi melanjutkan kuliah ke akademi farmasi, tentunya ini akan menjadi pertimbangan perusahaan atau rumah sakit tempat dia melamar pekerjaan, karena dia dianggap lebih terampil dan ahli dibidangnya.

5. Biaya lebih hemat

Sebagian orang tua menyarankan anaknya masuk SMK karena faktor biaya. SMA sebenarnya diperuntukkan bagi mereka yang ingin melanjutkankan ke perguruan tinggi dan ini pasti butuh dana jangka panjang dan relatif besar.

Jika ingin anak segera bekerja dan mandiri, SMK adalah pilihan yang terbaik karena biaya pendidikan lebih terjangkau tapi anak siap memasuki dunia kerja dengan keahlian atau keterampilan yang dimilikinya.

Nah! Itulah 5 alasan memilih SMK daripada SMA yang perlu diketahui parents dan anak saat si anak melanjutkan pendidikan setelah lulus SMP. Hal penting yang perlu dicamkan bahwa SMK bukanlah anak-anak orang miskin tapi justru SMK merupakan kumpulan anak hebat dengan potensi dan keahlian yang mumpuni. Siap bekerja dan semangat menjadi pribadi mandiri.

Akhir kata, kalian Ayah, Ibu dan Anak yang tahu kebutuhan dan kemampuan saat ini. Buatlah pertimbangan yang baik dan bijaksana dengarkan pendapat anak, kerjasama yang baik dan belajar dengan sungguh-sungguh akan mendapat hasil terbaik.

15 komentar untuk "5 Alasan Kenapa Memilih SMK yang Perlu Diketahui!"

Comment Author Avatar
Bungsu saya udah mau masuk SMK Tata Boga. Malah kokonya yang bingung mau kuliah di mana, SMA-nya umum sih si koko 😅
Comment Author Avatar
sebagai lulusan SMK mendukung banget dong lulusan SMP untuk masuk SMK. ngerasa banget sih manfaat dari sekolah di SMK, salah satunya mudah bekerja dan belajar fous pada satu bidang
Comment Author Avatar
Kutambahkan satu alasan lagi deh Kak: bebas zonasi. Pengalaman waktu ngedaftarin ponakan di SMK. Kalau mendaftar ke SMA terikat zonasi, SMK bebas zonasi.
Comment Author Avatar
Setuju banget~ masuk SMK yang dipelajari lebih ke keahlian/skill teknis yang sangat berguna di dunia kerja sesuai jurusan yang kita pilih. Saya dulu juga masuk SMK perhotelan, dapat banyak praktik di lapangan
Comment Author Avatar
Yang jelas SMK emang lebih aplikatif yaa untuk ke dunia kerja nantinyaa. setuju banget sih
Comment Author Avatar
Waktu kuliah, banyak temen yang lulusan SMK, mereka kuliah sambil kerja sesuai dengan bidang jurusan saat di SMK. Masuk SMK, memang sdh jelas output dr SMK akan bekerja di bidang apa saja...
Comment Author Avatar
For me, aku lebih tertarik dengan program sekolah SMK krn lebih spesifik dan lebih mengasah skill generasi muda sih
Comment Author Avatar
Dulu aku juga bingung tuh antara pilih SMA atau SMK. Kalo utk siap kerja, emg SMK pilihannya. Bahkan anak2 S1 masih kalah dgn anak2 lulusan SMK. Itu terbukti pas aku kuliah pariwisata dulu. Dibanding lulusan SMK, kita tdk ada apa2nya. Kita emang lebih unggul dlm materi tp lemah di skills.
Comment Author Avatar
Kayaknya sih emang lebih meluas manfaatnya ya jika sekolah di SMK. Memiliki keahlian khusua juga kan....
Comment Author Avatar
Banyak alasan mengapa harus memilih SMK ya kak
Kalau pemahamanku dulu, SMK adalah tempa dimana anak anak tahu keahliannya dan mau mengembangkan skill tersebut
Comment Author Avatar
Kini SMK sudah semakin jauh berkembang.
Selain sudah banyak yang memiliki skill bekerja yang banyak dicari perusahaan juga sudah bekerjasama dengan instansi terkait. Sehingga begitu lulus, bisa langsung bermanfaat di dunia kerja.
Comment Author Avatar
Setuju banget kalau lulusna SMK lebih mudah mendapatkan pekerjaan, khususnya untuk dipabrik2 karena memiliki kehalian khusus. Mau melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi juga bisa, apalagi jika jurusan yang diambil tidak jauh beda dengan jurusan saat SMK.
Comment Author Avatar
Sekarang sudah banyak yang memilih SMK karena dianggap bagus untuk passion dan fokus anak ke depan.
Yaa semoga semuanya sukses dengan jalannya masing masing
Comment Author Avatar
Memilih SMK memang perlu nih buat adik adik atau org tua yg anaknya mau sekolah SMK, Karena sekolah yg berkualitas akan mencetak generasi berkualitas juga
Comment Author Avatar
wah bener nih, kalau tujuannya memang langsung mahir dibidang kerja, SMK bisa jadi pilihan ya :) sekarang juga udah banyak nih SMK unggulan yang kualitasnya sudah baik

Silahkan komentar dengan bijak dan sesuai topik bahasan. Terimakasih!