Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Orang Tua! Kenali, Gali dan Dukung Inner strength Pada Anak Untuk Kembangkan Potensi Terbaiknya!

"Belajar baik-baik dapatkan nilai bagus, itu akan bantu kamu sukses di masa depan!"

Apakah pernyataan di atas tepat? 

Tidak seratus persen benar dan juga tidak sepenuhnya salah. Alasannya, saat ini banyak orang yang kita temui sukses dibidang yang digelutinya masing-masing, sebagian punya riwayat akademik di sekolah dulunya biasa-biasa saja atau malah ada yang terbilang kurang bagus. 

Sebut saja Cristiano Ronaldo. Siapa yang tidak mengenal bintang sepak bola dunia itu? Dengan sederet prestasi yang ditorehkan, namanya dikenal dimana-mana dari kota besar hingga pelosok kampung sebagai atlet sepak bola terbaik dunia. Namun, siapa yang sangka dulunya dia selalu melewatkan pekerjaan rumahnya (PR) karena tidak minat sekolah dan malah lebih tertarik pada olahraga sepak bola.

inner strength anak
Foto : Dok. Pribadi

Fakta tersebut bukan berarti mengabaikan peranan pendidikan akademis atas suksesnya seseorang. Banyak profesi seperti pengacara, dokter, arsistek dan lainya yang cukup terkenal karena mereka menepuh pendidikan akademik. Jenjang pendidikan membantu mereka sampai ke tahap profesi mereka saat ini.

Artinya apa? Bahwa kesuksesan bisa melalui jalur akademik maupun non akademik.

Lalu apakah ada faktor pendukung lain untuk meraih hal tersebut?

Ada.

Apa itu? 

Inner Strength.

Apa Itu Inner Strength?

Istilah ini mungkin sebagian orang tua  masih asing, tapi sebenarnya sering jadi topik pembicaraan sehari-hari. Inner Strength adalah kekuatan positif dari dalam diri yang wujudnya tercermin melalui karakter  seperti percaya diri, berani,  penuh semangat, sikap pantang menyerah, bakat terpendam, empati, kebaikan hati dan semacamnya. 
 
Kekuatan dari dalam ini penting dimunculkan dan didorong sebagai bekal anak dalam mengembangkan potensi terbaiknya di masa depan. Anak dengan inner strength terlatih lebih siap dalam menghadapi berbagai hal dan tantangan dalam hidupnya. Dia lebih sukses dan bahagia karena bisa mengenali potensi terbaiknya dan memanfaatkan itu dalam mencapai impiannya kelak.

Lalu bagaimana memunculkan kekuatan tersebut? 

Cara Menggali Inner Strength Anak?

Prestasi akademik adalah potensi anak yang kelihatan, padahal seorang anak pada dasarnya punya potensi yang tidak terbatas dan tidak selalu sama dengan anak sebayanya. Potensi ini tidak terlihat dan cenderung kurang diperhatikan oleh orang dewasa terutama orang tua, padahal kalau dibina bisa jadi inilah potensi unggul terbaiknya.

Tidak heran sih, karena sistem pendidikan kita selama ini masih berorientasi pada prestasi akademik, nilai yang bagus dan ranking teratas masih selalu primadona. Padahal kalau kita ingat kisah Cristian Ronaldo cara pandang kita pasti akan berbeda. 

Untuk itu sebagai orang tua, kita perlu menggali inner strength anak kita. 

5 cara berikut bisa dilakukan orang tua dalam melatih potensi unggul anak yaitu :
  • Berikan ruang kepada anak
Anak diberi kebebasan untuk melakukan apa yang diminatinya tanpa terlalu banyak bantuan atau intervensi dari orang tua. Dengan begitu si anak bisa melatih sikap percaya diri dan mengetahui kelebihan dan kelemahannya. 
  • Biarkan dia melakukan kesalahan
Saat anak mengekplorasi minatnya kesalahan pasti akan terjadi. Sikap orang tua yang tidak membebani anak bahwa akan dimarahi,atau perasaan takut salah, akan sangat membantunya untuk tidak menyerah, terus mencoba, berani dan karakter positif lainnya. Disini orang tua cukup memantau dan memberi masukan saja.
  • Hargai apa yang dilakukan anak.
Apapun pencapaian anak, orangtua perlu menunjukkan penghargaan dengan bijak, Saat si anak tahu bahwa orangtuanya mengapresiasi dia, rasa percaya diri, tangguh dan tanggungjawab akan muncul dalam dirinya dan semakin semangat meningkatkan kemampuannya.
  • Pandai-pandailah melihat sinyal bakat anak
Setiap anak berbeda dan masing-masing punya bakat bawaan dari lahir. Sebagai orang tua kita harus jeli melihat kecenderungan anak sehari-hari. Misalnya apakah dia lebih senang bernyanyi, lebih tertarik dengan bola, lebih betah main game, sering mengutak-atik barang elektronik dirumah atau selalu senang menemani mama masak di dapur. 

Sinyal-sinyal seperti itu jangan sampai luput atau malah diabaikan oleh orangtua, karna bisa jadi ini adalah petunjuk yang tanpa disadari anak untuk memberitahukan orang tua bahwa potensi dia adalah ini.

  • Dorong dan dukung anak dengan memberikan fasilitas yang sesuai.

Tentu saja agar potensi ini terwujud hal yang perlu dilakukan adalah menyediakan tempat untuk mengasahnya. Dengan demikian  inner strength lebih terarah dan terpoles sedemikian rupa agar  bisa jadi bekalnya nanti anak saat mewujudkan cita-citanya. Dia akan lebih percaya diri bukan hanya saat tampil di depan umum tapi juga percaya pada potensi diri dan yang terpenting lebih bahagia.

Kecerdasan majemuk
Foto : Dok. Pribadi

Memang ini tidak mudah, apalagi jika  orang tua punya harapan tertentu pada si anak, Halnya, saat tahu Rexa sangat betah bermain game awalnya saya sangat kesal tapi belakangan saya amati dia punya kelebihan lain daya ingatnya kuat, rasa ingin tahunya tinggi, dia senang tantangan dan pantang menyerah. Setelah mengamati ini saya sarankan bagaimana kalau belajar coding saja sehingga nantinya bisa bikin game sendiri. Syukur-syukur kalau bisa jadi profesi buat ini. 

Dia setuju dan senang melakukannya. Kami mencari bersama tempat belajar yang cocok buat dia dan menyarankan untuk menetapkan tujuan. Karena ini jangka panjang jadi hasilnya belum terlihat, hanya saja  inner strength mulai terbentuk seperti pantang menyerah saat kode program tidak berfungsi lalu mencoba lagi dengan cara lain, lebih sabar, lebih percaya diri, bertanggungjawab dengan target dan lebih bahagia karena melakukan sesuatu sesuai minatnya. Karakter yang terbentuk ini pasti akan sangat berguna di masa depan.

Lalu bagaimana dengan kegiatan non akademik lain seperti menyanyi, memasak, musik atau sepak bola. Saat ini ada banyak tempat pelatihan tersedia. Khusus olahraga sepak bola ada Biskuat Academy sebagai sarana mendukung kekuatan dari dalam si anak.

BISKUAT ACADEMY 2022, Wadah dan Kesempatan Terbaik Mendukung Potensi Anak di Bidang Olahraga Sepak Bola

Seperti dibahas sebelumnya,  setiap anak punya potensi terbaiknya masing-masing dan itu tidak terbatas jika diarahkan dengan benar. Kita tidak bisa memaksakan anak kita untuk melakukan sesuatu yang bukan minat dan bakatntya.

Kembali mengingat dengan Cristian Ronaldo yang sangat tertarik dengan sepak bola. Orang tuanya alih-alih memaksakan dia untuk mengerjakan PR-nya, dengan keadaan ekonomi yang pas-pasan tidak menghalangi mereka untuk mendukung potensi Ronaldo sebagai pemain sepak bola. Mereka memberi dukungan penuh terhadapnya dengan bergabung di The Sporting Academia. Di usianya yang masih muda 14 tahun, Ronaldo dengan percaya diri mengatakan bahwa dia memiliki kemampuan bermain semi profesional dan dengan persetujuan sang ibu untuk lebih fokus sepenuhnya pada sepak bola. Tim Sporting Lisbon adalah awal karir sepak bola Ronaldo tepatnya di usia 16 tahun.

Potensi tepat dengan inner strength terasah, berada di wadah yang tepat dan dukungan dari orang terdekat sepenuhnya, kunci sukses seorang anak mengembangkan potensi terbaiknya.

Ya! Potensi tepat dengan inner strength terasah, berada di wadah yang tepat dan dukungan dari orang terdekat sepenuhnya, kunci sukses seorang anak mengembangkan potensi terbaik.

Lalu bagaimana dengan anak kita yang punya ketertarikan yang sama pada sepak bola? Orang tua, yuk dukung mereka dengan bergabung di Biskuat Academy. Mengapa ini tempat terbaik? Pertimbangkan beberapa penjelasan berikut ini!

Rangkaian Program Sekolah Online Biskuat Academy 2022

Orang tua, tahukah? Melalui olahraga sepak bola anak mampu kembangkan berbagai karakter dan kekuatan baik dari dalam diri anak lho! Seperti sikap berani, percaya diri, baik hati, ketangguhan,  bahkan empati  dan sabar saat berinteraksi dengan orang lain dan diri sendiri. 

Biskuat Academy merupakan tempat belajar olahraga bagi anak Indonesia untuk melatih kemampuan bermain sepak bola baik kekuatan fisik maupun kekuatan mental dari dalam guna terciptanya #GenerasiTiger Indonesia yang percaya diri, tangguh, berani.

Sebagai bentuk komitmen Biskuat untuk mendorong anak Indonesia berprestasi dibidang olahraga sepakbola, sejak tahun 2019 bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan olahraga (Kemempora) dan 2021 didukung Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) serta pelatih inspirasional Coach Aji.

Keuntungan Anak Mengikuti Biskuat Academy 2022

Adapun hal-hal menarik yang didapatkan adalah :

  1. Belajar teknik sepak bola dari pelatih (Coach) bersertifikasi UEFA A yakni Coach Timo Scheunemann
  2. Belajar langsung dengan Pro Player - pemain nasional Indonesia seperti Andik Vermansah (Timnas Indonesia) dan Gavin Kwan adsit (Tim Club Persis solo)
  3. Kesempatan memenangkan Tur ke Stadiondi Eropa dan banyak lagi ratusan hadiah lainnya
  4. Finalis akan mendapat E-Certificate dan Sertifikat fisik yang telah ditandatangi oleh Kemenpora dan Kemendikbud

Lalu Bagaimana Caranya Mengikuti Biskuat Academy 2022? 

Ada 3 tahapan yang perlu dilakukan yaitu :

1. Beli salah satu paket Biskuat dengan kemasan khusus berlaku untuk semua rasa (temukan Kode Unik di belakang)

  • Jumbo 1 Pcs
  • B5000 1 Pcs
  • B500   2 Pcs
  • B1000 2 Pcs

2. Daftar via Whatsapp 0812 1222 5919 (Ikuti instruksi Chatbot Biskuat)

3. Hadiah langsung askses ke sekolah online Biskuat Academy dan kesempatan tur ke Stadion Bola Internasional dan hadiah menarik lainnya.

Untuk jadwal kelas online bisa dilihat di website biskuatacademy.com setelah bergabung di kelas online.

Ya, dukungan penuh dari orang tua, pelatih dan masyarakat sekitar bisa mendorong anak mendapatkan potensi terbaik mereka dengan karakter positif. Kita sebagai orang tua selalu dan pasti mendukung anak kita untuk mewujudkan impian anak-anak kita. 

Segera daftarkan anak ke BISKUAT ACADEMY ya!

Artikel ini diikutsertakan pada lomba KEB X Biskuat Academy.

Posting Komentar untuk "Orang Tua! Kenali, Gali dan Dukung Inner strength Pada Anak Untuk Kembangkan Potensi Terbaiknya!"