Widget HTML #1

Seberapa Penting Kurikulum Internasional Berperan dalam Sistem Pendidikan Indonesia?


Apa sih artinya pendidikan itu? 
Berdasarkan etimologi kata pendidikan berasal dari bahasa Latin yang terdiri dari awalan kata artinya keluar dan ducare yang berarti mengarahkan, menuntun atau memimpin. Jadi, singkatnya pendidikan bisa diartikan sebagai kegiatan yang menuntun keluar. 

Sementara defenisi lain dari pendidikan seperti dikutif dari Wikipedia bahwa pendidikan adalah berupa pembelajaran pengetahuan, ketrampilan atau kebiasaan yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya oleh sekelompok orang dengan cara mengajar, melatih atau meneliti baik secara otodidak atau di bawah bimbingan orang lain. 

kurikulum internasional di Sampoerna University
Foto : dok. pribadi

Di Indonesia, sistem pendidikan umumnya dibagi dalam 4 tahap yaitu prasekolah, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas dan perguruan tinggi.

Lalu selama proses pendidikan berlangsung hal apa saja yang dibutuhkan agar kegiatan ini berjalan lancar sesuai dengan target yang diharapkan? 

Kurikulum.

Apa kaitan kurikulum dengan sistem pendidikan?

Kurikulum merupakan bagian penting dalam sistem pendidikan yang tidak dapat dipisahkan. Kenapa? Karena kurikulum adalah merupakan serangkaian rencana, tujuan, dan materi pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa guna digunakan sebagai pedoman oleh setiap pengajar yang akan diajarkan ke peserta didik sehingga target atau tujuan pembelajaran tercapai.

Dalam proses penerapan kurikulum bisa berubah menyesuaikan dengan situasi seraya waktu berjalan, tujuannya agar sesuai dengan kebutuhan sehingga peserta didik lebih siap menghadapi perubahan atau tuntutan jaman yang terus berkembang.

Di indonesia setidaknya ada 2 jenis kurikulum yang diterapkan yaitu kurikulum nasional dan kurikulum internasional. 

Apa perbedaan kurikulum nasional dan kurikulum internasional? Berikut penjelasannya!

Sederhananya, kurikulum nasional merupakan standar pendidikan yang ditetapkan oleh pemerintah untuk digunakan di sekolah-sekolah  di negara tersebut sementara kurikulum internasional menggunakan standar pendidikan internasional dan telah diterima atau diterapkan secara luas di seluruh dunia.

Di beberapa sekolah maupun universitas seperti Sampoerna University telah mengadopsi kurikulum internasional. Dengan level pendidikan internasional ini diharapkan mahasiswa lebih siap dalam kompetensi bekerja yang bersifat global.

Perkembangan dunia saat ini tingkat persaingan semakin ketat, agar bisa eksis dan mampu bersaing jelas membutuhkan skill yang relevan dan  standar kelas dunia.

kompetensi bekerja
Foto : dok. pribadi

Mengapa kurikulum internasional dibutuhkan dalam sistem pendidikan indonesia?

Tidak dapat dipungkiri kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat berdampak besar pada dunia kerja. Di jaman yaang serba praktis, efesien, smart, cepat, tepat dan canggih menuntut perubahan di berbagai jenis pekerjaan. Tadinya banyak yang manual semakin ke sini bergeser ke digital dan bersifat otomatis. Pekerja atau SDM lebih dituntut ke kreativitas dan problem solving.

Selain itu globalisasi dunia semakin mempersempit sekat antar negara juga membawa pengaruh yang signikan. Persaingan ketat terutama di dunia kerja semakin terbuka lebar.

Menyikapi keadaan tersebut di atas, mau tidak mau mengharuskan setiap peserta didik terutama mahasiswa wajib mempersiapkan diri memasuki dunia kerja dengan berbagai wawasan yang luas dan keterampilan yang mumpuni. 

Untuk jawaban atas tantangan tersebut pendidikan internasional bisa jadi solusi yang pas untuk membekali diri karena kurikulum yang dipersiapkan telah diuji kelayakannya secara luas di dunia.

Salah satu rekomendasi universitas yang telah menerapkan kurikulum internasional dalam sistem pembelajaran adalah Sampoerna University.

Sekilas tentang Sampoerna University

Dalam website resmi Sampoerna University memaparkan bahwa universitas ini telah terakreditasi penuh di Indonesia dan merupakan pilihan terbaik bagi yang ingin mencari pendidikan internasional unggul. Dikutip dari dari situs mereka menjelaskan bahwa Sampoerna University adalah merupakan satu-satunya universitas di Indonesia dengan standar kurikulum pendidikan, fakultas, fasilitas dan operasional Amerika serikat.

Di sini juga ditawarkan Program Gelar Ganda bekerja sama dengan  Universitas of Arizona. Melalui program ini dimungkinkan belajar hanya selama 4 tahun di Jakarta menggunakan kurikulum Amerika Serikat dapat lulus dengan 2 gelar yaitu gelar Sarjana AS terakreditasi dari University of Arizona dan Gelar Sarjana S1 dari Sampoerna University.

Pendidikan internasional
Foto : dok. pribadi
Bagi yang ingin menunda kuliah di luar negeri namun ingin lulus tepat waktu, bisa memanfaatkan kurikulum AS yang ada di Sampoerna University, adanya kerjasama dengan University of Arizona memudahkan tranfer kuliah ke universitas Amerika Serikat di tahun berikutnya.

Sekedar informasi hampir 40% dari 200 universitas terbaik dunia berada di Amerika serikat dimana salah satunya University of Arizona di peringkat 46 menurut Council of World University Rankings (CWUR) untuk tahun 2020 – 2021.

Dari segi biaya kuliah juga bisa menghemat hingga 75% dengan fasilitas dan kualitas pendidikan terbaik dunia dan 94% alumni atau lulusan dalam jangka waktu relatif singkat telah bekerja di perusahaan nasional maupun internasional berkat kurikulum internasional dan soft skill yang diajarkan di Sampoerna University.

Kesimpulan

Berdasarkan uraian yang dipaparkan di atas, kita bisa bisa menyimpulkan bahwa kurikulum nasional saja tidak cukup. Kurikulum internasional sangat berperan penting dalam sistem pendidikan Indonesia saat ini, guna mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) kita terutama kaum muda usia kerja menghadapi globalisasi yang terjadi di berbagai bidang saat ini dan ke depan khususnya dalam dunia kerja yang penuh tantangan.

Dengan pendidikan internasional dan memiliki kompetensi bekerja lebih baik akan memudahkan peluang masuk pintu karir terbuka lebar baik itu di perusahaan nasional maupun internasional. Oleh karena itu, untuk mempersiapkan karir ke depan, mahasiswa perlu sekali mempertimbangkan universitas yang dipilih sebagai tempat belajar. Pilihlah yang terbaik yang mendukung karir masa depanmu!

19 komentar untuk "Seberapa Penting Kurikulum Internasional Berperan dalam Sistem Pendidikan Indonesia?"

Comment Author Avatar
Sampoerna university mendukung kompetensi kerja ya kak. Jadi gak melulu belajar doank di kelas seperti kebanyakan anak sekarang, begitu tamat gak ada keahlian. Hiks sedih. Syukurnya Sampoerna gak gitu. Mendukung banget keahlian di masing-masing jurusannya.
Comment Author Avatar
Kurikulum internasional ini merupakan kebutuhan pendidikan di Indonesia jika demikian ya menurut pemaparan tulisan ini.

Memang sebagai global citizen kita sangat membutuhkan kemampuan dan skill yang bisa digunakan untuk menghadapi tantangan termasuk diantaranya dari luar negeri atau pun dunia internasional.
Comment Author Avatar
Udah lama penasaran dengan Bagaimana Kira Kira sistem pendidikan di sampoerna academy .. tapi aksesnya gak ada. Terima kasih banyak informasinya kak..
Comment Author Avatar
Pingin anak dapat belajar di kurikulum internasional.
Karena kurikulum nasional kita gak diakui di dunia.
Sedihkan..
Udah tamat s1 atau s2, ingin bekerja di luar negeri, tapi ijazah sarjana gak bisa dipake'
Comment Author Avatar
Keren juga ya kurikulum universitas Sampoerna ini, jadi kita gak perlu jauh2 kuliah ke luar negeri, karena sudah menggunakan kurikulum internasional. Lebih mudah dong ya untuk mendapatkan pekerjaan berstandar luar negeri :)
Comment Author Avatar
Saat ini banyak lulusan perguruan tinggi yang tidak siap kerja, maka adanya Sampoerna University dengan kurikulum internasional tentu akan membantu mahasiswa lebih siap berkompetensi dan masuk dunia kerja
Comment Author Avatar
Keren ya sampoerna university ini, dengan kurikulum internasional, bikin lulusannya bisa bekerja di mana saja karena diakui dunia.
Kesempatan bekerja juga jadi terbuka lebar karena kurikulum internasional ini
Comment Author Avatar
Lembaga pendidikan yang menggunakan kurikulum internasional dapat mendorong pendidikan kita lebih maju dan punya mental dan skill mumpuni juga ya
Comment Author Avatar
Harapannya kalau sekolah di lembaga pendidikan dengan kurikulum internasional, para lulusannya lebih bisa bersaing secara global. Sampoerna University bisa menjadi salah satu pertimbangan bagi orangtua yang ingin anaknya bersekolah dengan kurikulum internasional
Comment Author Avatar
Dengan pendidikan internasional dan kemampuan kerja lebih mudah menghadapi karir internasional.. sepertinya itulah poinnya, sampoerna menyiapkan lulusannya siap bersaing di dunia global dengan kurikulum internasionalnya
Comment Author Avatar
Secara sekarang persaingan di dunia kerja itu sudah bertaraf global ya, Mbak. Jadi mau nggak mau kurikulum yang berlaku di Indonesia juga harus bisa mengimbangi, biar generasi muda kita bisa siap bersaing secara global juga.
Comment Author Avatar
setuju penting banget
Tantangan generasi mendatang gak hanya di dalam negeri juga persaingan di dunia global
Jika mereka berhasil, maka banyak masalah di dalam negeri bisa teratasi
Comment Author Avatar
Setuju Mbak. Kurikulum nasional saja tuh tidak cukup. Seiring dengan kebutuhan global dan perkembangan jaman, kurikulum internasional keberadaannya akan sangat membantu kesiapan kita, terutama kaum milenial, untuk bersaing di dunia internasional dengan cakupan yang lebih luas. Salut untuk Sampoerna University yang sudah siap dengan kondisi dan kebutuhan terbarukan ini.
Comment Author Avatar
Hemat biaya hingga 75% persen bisa jadi pertimbangan besar bagi yang ingin mengenyam pendidikan dengan kurikulum internasional di bangku perkuliahan.
Comment Author Avatar
Sampoerna University ini menggunakan kurikulum pendidikan internasional ya mbak
Membantu pendidikan Indonesia siap menghadapi era global
Comment Author Avatar
Kompetisi dunia kerja sekarang memang makin sulit ya. Kalau gak diimbangi dengan pendidikan bertaraf internasional, sulit buat tembus. Persaingannya makin global soalnya
Comment Author Avatar
Kurikulum internasional pastinya ke depannya mampu juga menghadirkan ijazah internasional juga kan keren kalau diakui dunia internasional lulusan2 kita. Sampoerna Uni top deh.
Comment Author Avatar
Keren bgt bisa double degree dgn tittle dri luar. Sayang bgt baru tau skrg, padahal baru aja adek masuk kuliah.
Comment Author Avatar
Wah, ada pendidikan double degree, kerja sama sama Universitas Arizona ya? Kece banget ini Sampoerna University.

Silahkan komentar dengan bijak dan sesuai topik bahasan. Terimakasih!