Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Cacingan dan Cara Mencegahnya. Ini lho moms!

Penyebab Cacingan dan Cara Mencegahnya. Ini lho moms! Moms, tahukah anda bahwa pada tahun 2017 saja Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan ada setidaknya 1,5 miliar orang atau sekitar 24% dari total populasi dunia yang menderita infeksi cacingan. Kebanyakan terjadi pada dan anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah. Bahkan salah satu penyebab masalah stunting anak di Indonesia adalah cacingan.

Ini disebabkan karena anak-anak kurang paham menjaga kebersihan dan sering bermain sembarangan bahkan bermain dengan tanah, padahal terdapat banyak telur cacing di tanah. Orang dewasa juga terkena cacingan karena kurang menjaga kebersihan misalnya dengan makan sembarangan. 

penyebab cacingan dan pencegahannya

Cacing yang masuk ke dalam tubuh ada beberapa jenis, namun cacing yang paling umum berkembang biak dan menginfeksi tubuh manusia di Indonesia ada tiga. Mereka biasanya tumbuh di daerah tropis. Apa saja?

Gejala Cacingan Pada Tiap Jenis Cacing Yang Bisa Menginfeksi Tubuh

Cacing Tambang

Cacing tambang biasa ketika berhasil masuk ke dalam akan menyisakan tanda berupa ruam merah di kulit kemudian jadi gatal. Kalau tidak segera ditangani, cacing tambang dapat menginfeksi kulit, paru-paru kita dan usus halus. Hal ini akan menyebabkan berbagai gejala sesuai dengan organ yang terinfeksi.

Cacing Kremi

Telur cacing kremi menempel pada baju dan kalau tertelan atau terhirup dapat masuk ke tubuh. Mereka akan terus berkembang biak sampai dewasa di usus manusia dan cacing kremi betina biasa melepaskan telur-telurnya di anus waktu malam hari. Jadi hal ini menyebabkan anus terasa gatal di malam hari.

Cacing Gelang

Gejala yang terjadi bila terinfeksi cacing gelang biasanya merasakan mual dan muntah, nyeri di perut, diare sampai kehilangan nafsu makan. Bahkan bisa menyebabkan berat badan menjadi turun dan malnutrisi pada anak.

Nah itulah beberapa gejala cacingan pada tiap tiga jenis cacing, tapi masih ada cacing-cacing lainnya lagi seperti cacing trichostrongylus colubriformis dan Orientalis dan itu mengakibatkan terjadinya beberapa hal pada anak maupun orang dewasa. Berikut ini beberapa gejala cacingan yang bisa terjadi, para moms harus perhatikan!

Gejala Cacingan Yang Terjadi Pada Anak Dan Orang Dewasa

Gejala cacingan yang umumnya terjadi pada anak adalah:

  • Sering mengeluh perut sakit atau nyeri
  • Berat badan menurun
  • Sering marah
  • Merasa mual
  • Muntah atau batuk, kemungkinan bisa batuk atau muntah cacing.
  • Terasa gatal di di sekitar anus
  • Sulit tidur karena terus merasa gatal.
  • Sering buang air kecil. Kalau yang ini lebih sering terjadi pada anak perempuan

Gejala cacingan yang umumnya terjadi pada orang dewasa adalah:

  • Merasa mual
  • Muntah-muntah
  • Diare
  • Perut tidak terasa nyaman
  • Berat badan menurun
  • Hilang selera makan
  • Demam
  • Anemia

Konvermex obat cacing keluarga
Kalau salah satu dari gejala-gejala di atas ini terjadi, mungkin anda memang terkena cacingan. Jangan sampai hal ini terjadi pada keluarga dengan mencoba dua cara mencegah cacingan berikut ini.

Bagaimana Cara Mencegah Cacingan? 

1. Menjaga Kebersihan

Pastikan lingkungan para moms dan keluarga bersih dengan baju dicuci sebersih mungkin dan dijemur di bawah sinar matahari cukup lama, hal ini dapat membunuh cacing yang menempel pada baju. Mandi yang teratur juga dan selalu kenakan alas sepatu saat keluar rumah. Jangan lupa, awasi anak-anak saat bermain dan usahakan jangan sampai menyentuh tanah. Kebersihan tidak hanya mencegah dari infeksi cacingan juga hidup bersih bisa mencegah dari berbagai virus seperti Covid-19 dan bakteri penyebab penyakit berbahaya lainnya.

2. Rutin Minum Obat Cacing

Obat cacing dapat menghancurkan dengan cepat cacing yang ada di dalam tubuh. Moms bisa gunakan Konvermex obat cacing keluarga untuk dikonsumsi. Karena Konvermex bisa menjadi obat cacing orang dewasa maupun obat cacing untuk anak dan Konvermex menghancurkan cacing di tubuh dalam semalam. 

Pastikan seluruh anggota keluarga minum Konvermex termasuk ART yang bekerja di rumah karena cacingan dapat menular dengan mudah melalui tangan dan kuku yang kotor, makanan yang tidak higienis serta pori-pori kulit yang bersentuhan dengan media yang telah terinfeksi larva cacing. Jadi, untuk menghindari hal tersebut pastikan seluruh anggota keluarga di rumah telah mengkonsumsi obat cacing. Ikuti anjuran pakai kepada anak dan orang dewasa serta rutin minum Konvermex tiap 6 bulan sekali.


Ayo saling jaga dengan melindungi keluarga dari penyakit cacingan yang banyak terjadi ini! Moms harus jeli dan telaten dalam merawat keluarga nih.



20 komentar untuk "Penyebab Cacingan dan Cara Mencegahnya. Ini lho moms!"

  1. Sebagai orang fua kita harus rutin mencegah cacingan ya..

    Rutin minum obat cacing dan terus menerapkan pola hidup sehat.

    Mencegah anak dari cacingan, mencegah anak stunting..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget kak Elva, minimal sekali enam bulan ya

      Hapus
  2. Banyak juga ya kak macam macam cacing yang berbaya ... Harus waspada nih...
    Thanks juga rekomendasi obatnya ,nanti coba cari ah...
    Soalnya kalau bicara cacing dan kesehatan keluarga jadi takut

    BalasHapus
  3. keknya aku jarus rutin minum obat cacing, sapa tau ya kan, konvermex ni mau aku coba

    BalasHapus
    Balasan
    1. wajib bang, anak dan orang dewasa semua harus konsumsi

      Hapus
  4. Kasian banget kalo anak-anak cacingan. Tiap hari nutrisi yang harusnya diserap tubuh malah diambil sama cacing. Hikss
    Makanya gak lupa secara rutin minum obat cacing. Buat anakku yany balita seringnya konvermex cair. Rasa jeruknya enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul padahal nutrisi butuh banget dimasa pertumbuhan si anak

      Hapus
  5. Jadi teringat kak, dulu pas kami masih kecil-kecil sering disuruh baris ngantri dan dicekoki obat cacing supaya gak cacingan.

    Pantesan ya, ternyata anak yang cacingan sering keliatan emosi mau marah ajaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah segitunya, dulu merasa kesal kali ya padahal kalau ingat sekarang manfaatnya baru sadar betapa baiknya emak kita

      Hapus
  6. Memang bener kalau kita harus rutin minum obat cacing. 6 bulan sekali
    Tapi Alfie sampe sekarang belum ada minum. Kayanya harus minum konvermex nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Segera di minum bang Alfie, takutnya dah numpul-numpuk tuh hahaha. Becanda ya

      Hapus
  7. Baca tulisan kak yanti, jadi ingat, sudah waktunya minum obat cacing.
    Saya akan coba konvermex ini.
    secara biasanya minum yang Co******

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konvermex selain lebih murah, khasiatnya sama kak

      Hapus
  8. Anak saya selalu rutin dikasi konvermex tiap 6 bulan sekali kak. Karena anak belum paham untuk bisa higienis dalam bermain. Pernah suatu ketika saya melihat cacing di lubang anus anak saya, langsung geli seketika. Untung ada konvermex.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah Mom yang sangat baik hati dan peduli. Jempol dua deh

      Hapus
  9. dosisnya kak gimana? pengen juga kasih ke anak awak. anak awak umur 2,5tahun sama 1 tahun 3 bulan kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada dikemasan kak, bagusnya sih yang umur gini kasi yang sirup

      Hapus
  10. Cacingan ini paling dihindari para bunda ya Yan,, hiyy suka ngeri deh ngebayangin kl di perut kecil anak kita tuh ada cacingnya. Untung ada Konvermex nih, nice info ya Mom Yanti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. YA kak. makasih juga sudah mampir di sini

      Hapus